Saturday, November 7, 2009

ARGOPURO JOURNEY

Senin, 17 maret 2008
Jam 09.00 wib
Perjalanan di mulai dr bremi, Semalem tidur di rumah mbah no. Perjalanan menuju danau taman hidup sangat berat menanjak terus, apalagi di tambah guyuran hujan lebat yg mengakibatkan jalan yg dilalui seperti genangan air selokan. malam pertama kami berpisah dgn 4 teman (hero,syaiful,ipunk dan wiwid) karna ketika hujan lebat mereka tidak meneruskan perjalanan, tp mendirikan tenda. Yg di herankan kenapa kami tdk ketemu mereka padahal mereka mendirikan tenda di pinggir jalan. Aneh.. Pasti ada faktor x nih. Sementara shanty sempat pingsan di perjalanan karna dia kedinginan ga pakai jas hujan. Hujan turun lebat sekali, jas hujan yg saya pakaipun ga ada fungsinya sama sekali, basah tembus sampai ke pakaian dalam.
Sekitar jam 16.30 kami sampai di taman hidup tp tdk besama tmn2 yg 4 td. Malam ini di isi dengan acara ramah tamah, saling kenal 1 sama lain.

Selasa, 18 maret 2008
Jam 11.00, setelah bertemu dgn 4 org tmn yg terpisah akhirnya kami meneruskan perjalanan ke Cisentor, awal2 perjalanan menuju Cisentor tdk ada masalah jalur jelas sekali, tp setelah itu trek yg di lalui semakin tdk jelas banyak jalan bercabang, jalan terus menerabas semak2 dan hutan yg lebat dan penuh dgn pohon djancukan di tambah hujan yg turun sangat deras. Jam 7 mlm perjalanan terpaksa hrs di hentikan karna trek yg semakin tidak bisa dilalui. Kami semua terpaksa harus berhenti di tempat yg menurun dan sangat sempit, untuk tidurpun harus menekuk kaki. Tidur hanya berselimutkan jas hujan dgn pakaian yg basah semua. Dingin sekali...! Di sini kami harus tes fisik, tidur beratapkan langit dan berselimutkan kabut argopuro.

Rabu,19 maret 2008
Jam 5.30 pagi teman-teman sudah berisik teriak kedinginan karna tidur tanpa tenda, setelah sarapan snack secukupnya, perjalanan yg tersesat ini kembali di lanjutkan. Treknya terus menanjak dan harus membabat rumput yg tinggi-tinggi. Teman2 yg didepan sibuk membabat pohon dan ranting2 biar jalur bisa dilalui. sepanjang jalan bnyk sekali pohon djancukan harus hati2 klo ga mau badan pada lecet2 semua. batang dan daunnya penuh dgn duri. Shanty yg bandel tetep ga mau Kerilnya dibawa sama teman walaupun dia sudah terlihat ngedrop padahal jempol kakinya "cantengan" jadi jalannya harus pelan-pelan. Arah yg kami tuju hanya berdasarkan felling, teman-teman yg lain juga semua terlihat stress dan ngedrop. Ada syaiful yg sempat nangis karna ingat sama anaknya. Semuanya jadi melankolis rindu sama rumah, rindu anak istri.
Setelah jauh berjalan kira-kira jam 3 sore akhirnya kami menemukan jalan yang benar. Alhamdulillah jalan yang kami impi-impikan akhirnya ketemu juga. Perjalanan dilanjutkan menuju pos engkenek, sampai di pos ini sekitar jam 5 sore. Hujan msh saja Blm berhenti, jas hujan yg saya kenakan sudah tidak berbentuk lagi. Mirip seperti iklan motornya komeng robek karna duri-duri semak belukar.

Kamis, 20 maret 2008
Jam 10.00 perjalanan dilanjutkan menuju Cisentor. Treknya lumayan panjang dan mendaki. Sampai Cisentor sore, kami semua 18 org langsung mengisi pos yg ada disitu. Jadi padat dan sesak tapi hangat.
Sore-sore harus tidur karna jam 2 nanti akan pergi muncak.

Jumat, 21 maret 2008
Jam 1.00 dini hari beberapa teman-teman sudah bersiap untuk berangkat ke puncak rengganis, walaupun masih ngantuk dan udara diluarpun masih terasa dingin tapi tetap semangat untuk pergi muncak.
Jam 5.30 sebagian dari kami sudah sampai di puncak rengganis, tapi sayang sunrise yg di harapkan tidak sesuai harapan, karna kabut yang tebal jadi warna langitnya agak pucat. Sekitar Jam 7 pagi akhirnya semua teman berhasil mencapai puncak rengganis dan dengan bangganya bisa mengibarkan bendera JEJAK PETUALANG dan bendera JPERS. Alhamdulillah..! Setelah puas berfoto dan bernarsis ria kami segera meninggalkan puncak rengganis.
Sesampainya diCisentor sarapan sudah siap tersedia. Ada semur jengkol dan tumis cumi hasil olahan arief sby. Enak tenan.. (Arief sby ini orangnya Ok banget, dia paling rajin masakin utk kami semua, bayangin dia harus ngelayanin 18 org, tp asistennya bnyk juga loh.., ada Nereus, ipul dan ipung).
Jam 13.00 rombongan mas Mbenk dan pendaki malaysia datang di Cisentor, rencana mereka mendaki arjuna terpaksa di batalkan dan di alihkan ke argopuro karna ada badai di sana.

Jumat, 21 maret 2008
Jam 14.00 kami semua harus mengosongkan pos Cisentor biar bisa gantian dengan rombongan pendaki malaysia. Perjalanan di lanjutkan ke pos cikasur, pakaian yg basah terpaksa harus dikenakan kembali karna sudah ga ada stok untuk salin untuk pulang nanti, lagi-lagi hujan turun lumayan deras, berkali-kali kami harus melewati padang savana yang luas. Bosan sekali rasanya harus melewati beberapa padang savana ini. Soalnya ga bisa di ambil gambarnya. Kabut dan hujan terus menutupi indahnya argopuro. Kamera dan handycam yg saya bawa sepertinya percuma. Karna jarang sekali di pakai,
Jam 17.00 kami semua sampai di pos cikasur, di sini padang savananya luas sekali. Konon dulu ada landasan pesawat, tetapi kini jejak itu sudah tertutup rumput yang tebal. Yang masih ada hanya batas landasan pesawatnya saja. Klo diliat dari atas bukit terlihat jelas sekali bentuknya. Malam ini kami semua bermalam di cikasur. Berarti ini adalah malam ke 5 kami menginap di G.argopuro. Lama banget yah..!!
Ngga sampai tengah malam semua teman-teman sudah masuk tenda, istirahat untuk persiapan perjalanan pulang yang sangat panjang besok pagi.
Jam 5.00 kami semua sudah bangun untuk persiapan packing karna perjalanan pulang akan di mulai jam 6 pagi ini. Tapi ternyata meleset, sayang dong klo di cikasur ga berfoto-foto ria..
Sehabis berfoto kita semua sarapan pake pecel selada air yang banyak di cikasur dan sama goreng jengkol. Wah kokinya mantab banget..
Perjalanan pulang dari cikasur di mulai jam 10.30, yang kami lalui adalah beberapa tanjakan dan savana yang luas ga ada habis-habisnya. Setelah dari pos mata air kecil .., perjalanan terus menurun, tapi ketika sampai di ladang penduduk, jalan yang dilalui semakin menyiksa karna turunan yang berbatu. Kaki terasa sakit semua. Setelah berjalan hampir 9,5 jam akhirnya semua team sampai di pos baderan. Disana sudah ada Devim yang setia menunggu dari jam 3 sore dengan carteran mobilnya yang akan membawa kami ke besuki. Sedangkan kami baru nyampe jam 8 malam.
Alhamdulillah akhirnya pendakian kali ini berhasil juga walaupun melenceng dari schedule, rencana untuk berkunjung ke kawah ijen terpaksa harus di batalkan karena waktu yang sudah tidak memungkinkan.
Terima kasih ya Allah karna akhirnya pendakian ke argopuro berhasil juga, dan terima kasih juga karna selalu di berikan kesehatan kepada kami semua..!
Amien..

*sabtu, 22 maret 2008
Jam 13.45 teman-teman dari jakarta bersiap meninggalkan surabaya menuju jakarta dengan diantarkan rekan-rekan JPERS dari surabaya*

=Obie=
Yang lagi meriang karna 6 hari keujanan terus,
(semua catper ini di posting ke milis JP menggunakan fasilitas email HP SE W850i)